Senin, 18 Juni 2012

Apa sih Leadership atau Kepemimpinan itu?

Pembahasan kali ni agak panjang deh kayaknya, so yang malas baca mending jangan baca (ulangi: JANGAN BACA), karena kalo cuman sekedar iseng, kamu gak bakal dapet ni ilmu, apalagi mau diterapin. Jadi kalo emang niat baca, ya baca dengan seksama dan secermat-cermatnya.


Tau apa itu Leadership atau Kepemimpinan? Banyak orang mendefinisikan Kepemimpinan, tapi kita akan membahas Kepemimpinan berdasarkan pengalaman. Menurut saya, Kepemimpinan itu adalah kemampuan seseorang untuk mendorong dirinya (memotivasi diri-sendiri) untuk dapat mengajak orang lain bekerja sama dengannya sesuai dengan tujuannya. Jadi, cukup simpel bukan? tetapi bukan sesuatu yang mudah.

Seberapa penting kepemimpinan diterapkan dalam organisasi PMR? Penting, sangat penting, kalo gak penting mana mungkin diposting, hehe. Ibarat manusia tanpa kepala. Ibarat perahu tanpa nahkoda. Sepenting itu! Ada gak manusia tanpa kepala? setahu saya sih ngga ada. Nah kalo Manusia gak ada kepalanya, bisa mikir gak? bisa gerak gak? bisa bernafas gak? Engga!! Makannya kalo organisasi seperti PMR ini gak ada ketuanya, bisa jadi seperti itu, gak bisa bernafas, gak bisa bergerak, gak ada tanda-tanda kehidupan, yang ada hanya coretan dinding bertuliskan PMR ERSTE AUSHILFE" with no one in this team. Statis, dan hanya akan menjadi perkumpulan GAzeBo, ya gak??

Lalu apa maksudnya perahu tanpa nahkoda? Ya jelas, nahkoda adalah penggerak, yang mengarahkan perahu itu mau kemana. Dan kalo di PMR ini gak ada nahkodanya, mau dibawa kemana PMR kita ini??

Itulah pengertian Kepemimpinan dan pentingnya seorang pemimpin, sekarang pertanyaannya siapa itu Pemimpin dan siapa yang bisa menjadi pemimpin? Saya kah?? Tanya diri sendiri!

Pemimpin adalah orang yang memiliki kesadaran dan keinginan atau dorongan dalam diri untuk merubah suatu hal untuk lebih baik dengan cara bekerjasama dengan yang lain. Bahasa gampangnya, panggilan jiwa , yang hanya dimiliki oleh orang2 yang berambisi tinggi.

Lalu siapa yang pantas untuk menjadi pemimpin, atau lebih tepatnya ketua PMR? Perlu diketahui, setiap orang bisa menjadi pemimpin, baik itu kaum hawa sekalipun. Tidak ada halangan bagi siapa saja untuk menjadi seorang pemimpin. Laki-laki belajar sains, perempuan pun berhak untuk belajar sains. Dan tidak menutup kemungkinan perempuan ini dapat menjadi scientist, betul gak? Tapi ada orang berkata begini, kalo ada laki-laki kenapa harus perempuan? Hadeh, kalo ini sih pemahaman yang lucu menurut saya, walaupun itu benar dalam beberapa kasus. But what do you think about the leader? if there's no one man can't to be a leader, apakah harus dipaksakan? Tentu tidak, carilah orang-orang yang berkompeten untuk menjadi seorang ketua, tidak peduli siapa dan darimana asalnya.

Dan kriterianya apa aja? Tentu yang paling penting adalah kemampuan sang pemimpin. Kemampuan untuk memahami teman-temannya. Kemampuan untuk melihat jauh kedepan. Kemampuan untuk memecahkan masalah. Kemampuan untuk membuat masalah menjadi peluang. Dan banyaak lagi,.. Tapi ada lagi ngga yang lebih penting selain itu semua? Jawabnya, ada. Yaitu kemauan dan niat. Ini merupakan modal awal untuk menentukan mau menjadi apa dia. Seorang leader, or loser?

Jadi kalo kita mempunyai hasrat ingin merubah PMR ini lebih baik, itu sudah menunjukkan ciri seorang pemimpin. Setidaknya modal awal untuk menjadi pemimpin. Quotesnya:
Jadilah seorang pemimpin dengan kemampuan yang sedikit saja namun mempunyai kemauan yang besar, maka kamu akan menggunakan kemampuan yang sedikit itu untuk membuat hal yang luar biasa dan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar